Minggu, 17 Maret 2013

Ciri-ciri kompresor AC rusak

4 Ciri kompresor AC rusak
Di dalam kabin mobil yang biasa di pakai sehari-hari tiba-tiba terasa panas tentu kecurigaan pertama patut ditujukan kepada kompresor AC. Gejala-gejala ringan seperti bunyi tak wajar, hembusan udara panas di rpm rendah, bisa jadi indikasi awal rusaknya kompresor.

Berikut ini ciri kompresor AC mobil bila mulai bermasalah :

1. Bunyi Ciri-cirinya: Pada saat tombol AC diubah ke posisi "1-2-3" (tanda AC mulai bekerja), terdengar suara agak kasar, atau bisa diartikan sebagai suara ngorok mirip gesekan. Begitu tombol digeser lagi ke posisi "OFF", suara di balik kap kembali normal. Penyebab suara
kasar/ ngorok bisa karena oli kompresor kurang/ habis, piston aus, trush bearing longgar, hingga AS kurang presisi.


Baca juga : Rental Mobil Kudus


2. Kompresi berkurang  
Ciri-cirinya: Untuk tahap awal hembusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Ketika digas atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan berubah dan mulai lebih dingin.
3. Bocor
Ciri-cirinya : Hembusan udara AC tidak dingin secara bertahap, tergantung seberapa besar kebocoran itu. Semakin besar kebocorannya, semakin cepat habis freonnya dan semakin cepat terasa tidak dinginnya udara dalam kabin. Tapi rata-rata kebocoran pada kompresor biasanya memerlukan waktu satu hingga enam minggu, sampai freon habis total.

Baca juga : Sewa Mobil Kudus

4. Magnetic clutch
Ciri-cirinya: Kebanyakan kasus ini terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap. Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali. Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi, di atas angka 1 (1.000 rpm).
Nah, ketika ditemui ciri-ciri seperti ini, sebaiknya segera cek ke bengkel AC mobil. Jika diabaikan, kerusakan yang mungkin disebabkan salah satu penyebab tadi bisa merembet ke komponen lain yang membuat kompresor ”jebol”. Siapkan dana antara Rp 2-3 juta untuk memperbaiki kompresor. Ongkos bisa lebih dari Rp 5 juta jika ganti.


Semoga bermanfaat.

Kamis, 14 Maret 2013

Membeli mobil bekas banjir


Banjir datang, show room mobil bekas pun penuh karena pemilik mobil yang terendam banjir biasanya akan menjual mobilnya dengan harga yang relatif murah apalagi bila mobilnya sudah dinyatakan rusak parah oleh teknisi bengkel.  

Namun bila bila Anda berminat membeli mobil second bekas banjir, harus memperhatikan banyak hal. Termasuk biaya perbaikan, sampai mobil tersebut layak pakai kembali.
 
Jika kita membeli sebuah mobil second biasanya harus menyediakan dana antara Rp.5 juta sampai dengan Rp.10 juta, namun bila mobil bekas banjir diperlukan dana puluhan juta untuk memperbaikinya sampai bisa benar-benar aman dan nyaman dipakai. Biaya perbaikan mobil bekas banjir itu bervariatif dan tergantung kerusakan dan jenis mobil. Estimasi biaya yang diperlukan mencapai angka Rp.30 juta sampai Rp.70 juta an.
 
Untuk mobil-mobil lawas yang belum memakai komponen sistem komputerisasi, biayanya bisa relatif lebih murah. Tapi tetap dilihat dari seberapa parah kerusakan mobil tersebut. Biayanya relatif, tergantung seberapa parah kerusakannya. Tapi, kalau mobil yang pernah coba distarter oleh pemiliknya, dan air yang masuk ke dalam mesin serta tercampur oli, itu yang masuk dalam kategori rusak parah. Butuh biaya sekira Rp30 jutaan bahkan lebih.
 
Penjual mobil bekas terendam banjir jarang yang mau mengaku jika mobilnya bekas terkena banjir. Jadi, sangat diharapkan ketelitian calon pembeli dalam melihat kondisi kendaraan yang akan diincar.


Ok, semoga bermanfaat.

Konsep modif motor klasik


Setelah memiliki sepeda motor klasik tentu ada keinginan untuk mengubah penampilannya sehingga menjadi lebih "gaul" dan trendy. Tapi sesungguhnya untuk memodifikasi motor klasik bukan pula hal yang mudah. 

Sebelum melakukan restorasi motor klasik maka haruslah ditetapkan tema dan konsep yang jelas, mau diapakan si kuda besi kesayangan...

Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk memodifikasi motor klasik :

  1. Perhatikan budget yang tersedia dikantong Anda, ini penting untuk mengukur seberapa jauh pekerjaan yang akan dilakukan.
  2. Matangkan konsep perubahan sepeda motor klasik Anda dan ini dapat dilakukan dengan mencari referensi dan memperbanyak diskusi dengan builders.
  3. Setelah konsep modifikasi motor sudah matang maka langkah selanjutnya adalah mencari bengkel atau custom workshop yang benar-benar terpercaya dan dapat mewujudkan konsep Anda dengan tepat.
  4. Selalu perhatikan setiap detail pengerjaan agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat pada perubahan-perubahan setelah sepeda motor klasik dinyatakan selesai oleh bengkel.
  5. Dan hal terakhir adalah memperhatikan kenyamanan dan keselamat berkendara, jangan sampai setelah modifikasi selesai Anda tidak nyaman menungganginya serta berakibat fatal seperti terjadinya kecelakaan.

Semoga beberapa hal diatas dapat membantu Anda sebelum memodifikasi sepeda motor klasik. 

Pentingnya penutup hidung dan mulut bagi pengendara motor

Kepadatan lalulintas di Jakarta sudah pasti menimbulkan polusi udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan Kita. Terutama Anda pengendara motor yang sehari-hari berkendara tanpa mengenakan penutup hidung (masker) sangat rawat terhadap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Fungsi masker itu sangat-sangat penting sekali. Kita menghadapi polusi yang luar biasa, tanpa terasa kita terbiasa menghadapi itu padahal ke tubuh kita banyak sekali racun-racun yang kita terima di jalan raya terlebih lagi kota besar seperti Jakarta.

Masker dapat menyaring debu, gas atau partikel-partikel beracun lain yang bertebaran di udara seperti karbon monoksida,nitrogen dioksida, hidrokarbon, timbal, dan karbon dioksida. Semua zat tersebut sangat berbahaya misalnya CO (Karbon monoksida karena gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun). Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak
sempurna bahan bakar fosil, misalnya gas buangan kendaraan bermotor.

Masker memiliki kontribusi besar dalam menjaga stamina dan konsentrasi pengendara. Menurut lembaga keselamatan jalan raya Amerika Serikat, peluang kecelakaan pengendara sepeda motor itu 39 kali lebih beresiko dari kendaraan bermotor yang lain yang ada di jalan raya.

Kontribusi masker dalam hal stamina dan konsentrasi sangat besar. Ketika orang mengalami sakit atau sesak nafas maka konsentrasi atau staminanya menurun. Akibat dari konsentrasi yang menurun maka kognitifnya atau kemampuan koreksi maupun kemampuan persepsi akan menjadi lambat. Sehingga peluang kecelakaan yang tadinya sudah tinggi makin tinggi lagi.

Oleh karena itu penggunaan masker ketika mengendarai sepeda motor dijalan raya merupakan sikap bijak yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pengendara motors atau biker.

Semoga bermanfaat, saam sukses

Foto Jembatan Kartanegara Runtuh

Inilah Foto Jembatan Kartanegara Runtuh. 
Jembatan Kartanegara di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur runtuh. Setidaknya 5 orang tewas, 33 hilang dan puluhan lain luka-luka. Runtuhnya jembatan diduga kuat karena kelalaian.


Selasa, 12 Maret 2013

Tips memilih ban yang masih baik

Dimana-mana terdapat toko yang menjual aneka ban motor dan mobil dengan berbagai penawaran, mulai dari yang murah sampai yang termahal.

Lalu bagaimana cara dalam memilih ban yang masih fresh (baru) agar tidak salah dalam membeli ?.....

Berikut ini tips memilih ban yang masih fresh (belum kadaluarsa) :

  1. Ketika memilih ban yang baru, sebaiknya diteliti dulu. Pilihlah ban yang dipajang berdiri bukan yang ditumpuk. Lalu pilih yang terlihat tidak berdebu. 
  2. Setelah menemukan model atau merek yang cocok, cukup tekan permukaan ban dengan menggunakan ujung kuku. Jika ban itu bagus, akan mudah ditekan dan tidak terasa keras. Tapi ban yang sudah lama atau kadaluarsa akan terasa keras seperti ban mati saat ditekan.
Perlakuan agar ban di toko selalu terlihat segar adalah dengan pemberlakuan khusus, seperti cara penyimpanan, cara men-display ban, lalu menghitung suhu udara dan juga mengatur perputaran barang.

Posisi ban haruslah berdiri dan suhu udara juga harus di stel khusus. Penyimpanan ban tidak boleh ditumpuk dan jangan menyentuh lantai. Karena bisa merusak serat dan komponen ban.

Sabtu, 09 Maret 2013

Modifikasi knalpot bambu pada sepeda motor

 Ada-ada saja yang dilakukan pria paruh baya ini. Sebut saja namanya Fang Jen dari Chongzuo China. Ia memasang knalpot dari bambu yang banyak tumbuh di daerahnya tinggal.
 
Hal ini berawal dari kekesalan Fang Jen pada knalpot sepeda motornya yang sudah beberapa kali diganti karena kerusakan/bocor pada plat knalpot. Tapi sebenanya ini ia lakukan karena dia tidak memiliki cukup uang membeli knalpot baru, he... 


Kalau sudah kepepet memang ulah manusia bisa bermacam-macam. Akhirnya pria ini memiliki ide mengganti knalpotnya dengan sepotong bambu yang ukuran dan bentuknya telah ia sesuaikan.

Dan hasilnya sangat mengejutkan. Knalpot "custom" buatannya ini selain bisa berfungsi dengan baik juga dapat mengurangi limbah knalpot bekas bahkan hasil suaranya juga lebih lembut bila dibandingkan dengan knalpot aslinya. 

Direncanakan akan dilakukan tes dyno, apakah knalpot bambu ini bisa meningkatkan performa seperti halnya knalpot-knalpot modern.

Harapan kita semoga akan ada Fang Jen - Fang Jen lainnya yang kreatif dan ramah lingkungan, he....Semoga bermanfaat dan dan menjadi inspirasi.